Jupiter MX 135 LC

Jupiter MX 135 LC

Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Jupiter Mx Saya

Jupiter Mx Saya

Info

New Jupiter Mx 6-speed

Bagi anda semua yang telah memiliki New Jupiter MX 5-Speed,kini anda semua bisa mengupgrade transmisinya menjadi 6-Speed,dengan ubahan yang tergolong tidak terlalu banyak.
Bagaimanakah caranya ??
Mari simak ulasan berikut !

Ini dia New Jupiter MX 2011 6-SPEED
 
 
Tabel Perbandingan Ratio dan PRIMARY DRIVEN GEAR COMP (73T) & PRIMARY GEAR (24T)



MAGNET Tampak belakang seperti mengadopsi punya sang kakak yaitu yamaha vixion



MAGNET tampak depan seperti punya abangnya yaitu Yamaha BYSON



CONROD atau Setang Seher bawaan dari New Jupiter MX 2011 memakai punya sang kakak yaitu Yamaha Vixion dengan Kode 3C111, Dimana lebih lebar beberapa mm di bagian pen stroke nya



Crankshaft atau Kruk-as bawaan New Jupiter MX 2011 lebih tebal big-end nya dan lebih berat daripada punya mx lama maupun vixion , Lebar big-end kruk-as dari kiri ke kanan 48mm dimana sama dengan vixion so bisa di aplikasikan pada yamaha vixion. Apabila ingin di aplikasikan ke Jupiter MX lama (4 Speed) maka harus membubut bagian rumah bearing krukas di crankcase daripada membubut big-endnya karena percuma saja jadi tidak berat lagi kalau di bubut pinggiran big-end nya



Perbedaan alur capit udang (Shift Fork) untuk menggerakkan modul gear ratio pada drum shift



Tampak bagian dalam dari crankcase new jupiter mx 2011 5-speed eh salah 6-speed maksudnya  hehehe



Perbedaan Capit Udang (Shift Fork) New Jupiter MX 2011 dengan YZF-R15



Perbandingan Gearbox Ratio New Jupiter MX 5 -Speed dengan Yzf-R15 6-Speed

Demikianlah postingan ini saya buat,bagi anda pemilik Jupiter MX lama(seperti saya),sayang sekali tunggangan kita tidak bisa dibuat seperti New Jupiter MX,namun dengan 4-Speed saja sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari kita.
Salam OTOMOTIF !







Komparasi Yamaha New Jupiter MX Manual Clutch vs Automatic Clutch

Jakarta - Sebelumnya, redaksi sudah menjajal Jupiter MX Manual Clutch dalam sesi test ride. Hasilnya, dua jempol untuk bebek sport Yamaha ini!

Tapi bagaimana dengan sang adik? New Jupiter MX masih punya satu varian lagi, yaitu versi tanpa kopling manual. Penasaran seperti apa bedanya? Yuk gas pol!

Desain
Secara desain tak ada yang berbeda. Keduanya sama-sama pakai baju baru. Lampu sein, cover body depan, spatbor hingga sayap semuanya baru. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan spatbor kolong di roda belakang.

Bedanya hanya pelek belakang. Pada New Jupiter MX manual clutch sudah dimenggunakan pelek dengan lebar 2.5 inci dikawal ban 100/80, sedang versi automatic clutch hanya pakai pelek 1.60 inci dan ban 80/90.

Selain itu pemilihan striping dan warna kaki-kaki juga jadi pembeda. Pada New Jupiter MX manual clutch, swing arm, tabung sokbraker depan beberapa part kecil seperti foot step dilabur warna hitam, sedang New Jupiter MX automatic clutch pakai warna silver.

Fitur dan Teknologi
Semua fiturnya hampi tak ada bedanya. Panel speedometer hingga fungsi semua tombol di stang sama saja. Begitu juga dengan kapasitas boks bagasi di bawah jok sama sempitnya.

Perbedaan paling mencolok diantara keduanya ada pada transmisi. Meski menggunakan mesin dengan platform yang sama, tapi konstruksi mekanisme gigi transmisi dan bentuk crankcase-nya berbeda.

Pada New Jupiter MX tanpa kopling manual, transmisinya tidak ada yang berbeda bila dibandingkan dengan Jupiter MX versi terdahulu. Masih 4 percepatan dengan sistem rotari (N-1-2-3-4-N).

Sedang pada New Jupiter MX manual clutch, sudah mengadopsi transmisi 5 kecepatan. Transmisi ini serupa dengan yang dipakai Yamaha Vixion. Perpindahan gigi pun jadi seperti motor sport, satu ke bawah, dua seterusnya ke atas.

Perubahan transmisi mengharuskan penambahan penguat pada sasis, khususnya di area engine mounting. Penguat ini diperlukan untuk menghilangkan getaran.

Perbedaan lainnya ada pada aplikasi disk brake belakang khusus untuk New Jupiter MX versi manual clutch. Buat yang automatic clutch tetap pakai teromol.

Beda transmisi, beda juga di bak koplingnya (kiri punya New Jupiter MX manual clutch)
Performa
Di atas kertas, Yamaha menunjukan adanya perbedaan power dan torsi kedua sepeda motor ini. New Jupiter MX Manual Clutch powernya  12,34 dk sedang versi non kopling manual hanya 12,14 dk di putaran mesin yang sama, 8500rpm.

Padahal mesin yang dipakai tetap sama. Sama-sama 4 tak SOHC, 4 Valve, beradiator. Kapasitas mesinnya tetap 134,4cc dengan piston 54mm dan langkah 58,5mm.

Lalu apa bedanya? Yang pasti penggunaan karburator vakum pada New Jupiter MX Manual Clutch ada pengaruhnya. Varian ini sudah pakai Mikuni BS25 yang dilengkapi TPS (throttle position sensor).

Keunggulan New Jupiter MX Manual Clutch tidak hanya diatas kertas, dipakai dijalanan pun terasa lebih responsif. Lima giginya yang berkarakter "pendek-pendek" membuatnya lebih agresif tapi tetap halus. 

Cuma sayangnya, gigi 5-nya terasa terlalu panjang. Bahkan untuk mencapai top speed 120 km/jam butuh lintasan lurus yang sangat panjang. Makanya gigi 5-nya hampir tak pernah di pakai, lebih asik pakai gigi 4.

Sedang New Jupiter MX automatic clutch, sama persis seperti versi sebelumnya. Perpindahan giginya terasa lebih panjang, dan sayangnya masih sering susah masuk gigi ketika putaran mesin terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Tapi, untuk mencapai kecepatan 120 km/jam, rasanya lebih cepat versi automatic clutch ketimbang yang manual clutch. Sepertinya karena gigi 5 pada New Jupiter MX manual clutch terlalu panjang. Tapi diputaran bawah, lebih asik bawa manual clutch.

Handling
Sama saja, keduanya sama lincahnya. Tapi untuk menikung rebah, pelek kecil dengan ban berprofil mendonat pada New Jupiter MX automatic clutch lebih nyaman. Tidak terasa gejala ban belakang bergeser karena profil ban yang terlalu tipis.

Namun ketika bicara stabil, pelek belakang lebar pada New Jupiter MX manual clutch memang bikin percaya diri. Seimbang lah, masing-masing punya keunggulan soal handling.

Sedang pengeremannya, rem belakang versi teromol malah terkadang terasa terlalu pakem hingga mengunci. Sedang yang disk brake justru mampu mendistribusikan kekuatan pengereman yang lebih baik sesuai porsinya membantu rem depan.

Konsumsi bahan bakar
Nah, untuk membuktikannya, kedua bebek ini diajak berjalan bersamaan dengan rute kombinasi (macet dan lengang) yang sama. Kecepatannya pun disepakati tidak lebih dari 80 km/jam.
 
Hasilnya, New Jupiter MX manual clutch mampu berjalan 45,9 kilometer dengan 1 liter pertamax. Sedang versi New Jupiter MX automatic clutch dapat menempuh 48 kilometer dengan satu liter pertamax. Tetap hemat!

Harga
Sudah tahu kan perbedaan diantara keduanya, jadi wajar bila New Jupiter MX manual clutch dijual lebih mahal yaitu Rp. 16.4 juta (On The Road Jakarta) sedang yang automatic clutch dilepas Rp. 15,7 juta.







CryptonX T135, Kembaran Yamaha Jupiter MX Asal Yunani

Ini dia mas bro Mx semua,tidak hanya di Indonesia dan Thailand ada Jupiter Mx. Namun diluar dua negara tersebut juga ada. Monggo dilihat !



Tak hanya menyasar Asia dan Amerika Latin, motor tipe undebone alias bebek juga hadir di benua Eropa. Salah satunya di Yunani, dan motor yang beredar di negeri "Para Dewa" adalah Yamaha CryptonX T135, yang sepintas mirip Jupiter MX generasi pertama.

Meski memiliki basic yang sama, namun CryptonX T135 tetap memiliki perbedaan dengan Jupiter MX lokal. Diantaranya bentuk batok lampunya yang melebar dan agak ceper jadi lebih elegan, jauh berbeda dengan desain Jupiter MX yang bersudut runcing dan terlihat sporty.

Selain itu, lampu seinnya juga dilengkapi reflector oranye, yang malah memberikan kesan jadul pada CryptonX T135. Sedangkan varian lokal Indonesia sudah mengaplikasi reflector bening dengan bohlam oranye.

Coba perhatikan posisi lampu sein belakang yang dibuat keluar layaknya motor sport. Desain sein dan lampu plat nomor spatbor belakang ini sengaja didesain sesuai regulasi lalu lintas di Yunani yang mengharuskan lampu sein belakang mudah terlihat dari berbagai sisi.


Seperti Jupiter MX di Indonesia, Yamaha juga membekali CryptonX T135 dengan mesin 4-tak liquid cooled bervolume 135 cc, 4-valve. Mesin ini juga memiliki tenaga 12,6 dk pada 8.500 rpm.

Di Yunani, CryptonX T135 dilepas dengan tiga varian yang memiliki perbedaan pada grafis dan penggunaan pelek palang saja. Untuk varian standar dilepas sekitar Rp 31 juta, lalu versi profesional dengan Rp 31,6 juta. Sedang model paling mewah bertajuk Special dilego Rp 33 juta.

Buat beli Jupiter MX di Indonesia dapat dua nih! Hehehe

2 komentar:

  1. Konstruksinya kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi yang diterapkan pada MotoGP,, sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi...Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

    BalasHapus
  2. Gan kalo mx 4 speed ganti stang sher milik vixion lama ada yg perlu di rubah gk?

    BalasHapus